Uraian Tugas


Sekretariat Daerah Kota Balikpapan mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :
a. Sekretaris Daerah
  1. Tugas membantu Walikota untuk merumuskan dan mengoordinasikan penyusunan kebijakan serta melakukan pembinaan terhadap Dinas Daerah, Inspektorat, Badan Perencana Pembangunan Daerah, Lembaga Teknis Daerah, Kecamatan dan Kelurahan serta lembaga perangkat daerah lainnya.
  2. Fungsi :
    (a) perumusan kebijakan pemerintah kota ;
    (b) pengkoordinasian dan pengendalian pelaksanaan tugas dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, kelurahan dan lembaga perangkat daerah lainnya;
    (c) pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan pemerintahan daerah;
    (d) pembinaan administrasi dan aparatur pemerintahan daerah; dan
    (e) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan peraturan yang berlaku.

b. Asisten Tata Pemerintahan
  1. Tugas mengoordinasikan perumusan dan penyusunan kebijakan, melakukan pembinaan dan fasilitasi bidang pemerintahan umum,penaggulangan bencana, hukum dan perundang-undangan, dan penyelenggaraan hubungan masyarakat serta manajemen perkotaan.
  2. Fungsi :
    (a) pengoordinasian perumusan kebijakan, perumusan pedoman dan perumusan petunjuk teknis penyelenggaraan bidang pemerintahan umum, peningkatan dan penggalian potensi PAD, bidang pengawasan, tugas pembantuan, ketentraman dan ketertiban, perlindungan masyarakat, penanggulangan bencana, kependudukan, agraria, kerjasama antar daerah, administrasi batas wilayah, administrasi permasalahan perkotaan, hukum, pemberdayaan perempuan, keluarga berencana, agama, kesatuan bangsa dan politik, serta pemberdayaan masyarakat.
    (b) pengkoordinasian, pengendalian, pembinaan dan fasilitasi pelaksaan tugas bidang pemerintahan umum, peningkatan dan penggalian potensi PAD, bidang pengawasan, tugas pembantuan, ketentraman dan ketertiban, perlindungan masyarakat, penanggulangan bencana, kependudukan, agraria, kerjasama antar daerah, administrasi batas wilayah, administrasi permasalahan perkotaan, hukum, pemberdayaan perempuan, keluarga berencana, agama, kesatuan bangsa dan politik, serta pemberdayaan masyarakat.
    (c) pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksaan tugas bidang pemerintahan umum, peningkatan dan penggalian potensi PAD, bidang pengawasan, tugas pembantuan, ketentraman dan ketertiban, perlindungan masyarakat, penanggulangan bencana, kependudukan, agraria, kerjasama antar daerah, administrasi batas wilayah, administrasi permasalahan perkotaan, hukum, pemberdayaan perempuan, keluarga berencana, agama, kesatuan bangsa dan politik, serta pemberdayaan masyarakat.

c. Asisten Perekonomian, Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat
  1. Tugas untuk mengoordinasikan perumusan dan penyusunan kebijakan, mealakukan pembinanan dan fasilitasi bidang pengendalian program serta pengendalian pembangunan, bidang perekonomian serta kesejahteraan rakyat dan sosial.
  2. Fungsi :
    (a) pengoordinasian perumusan kebijakan, perumusan pedoman dan perumusan petunjuk teknis penyelenggaraan bidang perencanaan dan pengendalian pembangunan, perekonomian dan kesejahteraan rakyat, penelitian dan pengembangan, statistik, perhubungan, pekerjaan umum, budaya, pariwisata, pemuda olah raga, pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan, pertambangan dan energi, lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, koperasi dan UKM, penanaman modal, perindustrian dan perdagangan serta badan usaha milik daerah ;
    (b) pengkoordinasian, pengendalian, pembinaan dan fasilitasi pelaksanaan tugas bidang perencanaan dan pengendalian pembangunan, perekonomian dan kesejahteraan rakyat, penelitian dan pengembangan, statistik, perhubungan, pekerjaan umum, budaya, pariwisata, pemuda olah raga, pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan, pertambangan dan energi, lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, koperasi dan UKM, penanaman modal, perindustrian dan perdagangan serta badan usaha milik daerah ;
    (c) penyelenggaraan monitoring , evaluasi pelaksanaan tugas bidang perencanaan dan pengendalian pembangunan, perekonomian dan kesejahteraan rakyat, penelitian dan pengembangan, statistik, perhubungan, pekerjaan umum, budaya, pariwisata, pemuda olah raga, pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan, pertambangan dan energi, lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, koperasi dan UKM, penanaman modal, perindustrian dan perdagangan serta badan usaha milik daerah ;

d. Asisten Administrasi Umum
  1. Tugas merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, mealakukan pembinanan dan fasilitasi bidang keuangan daerah, organisasi dan tatalaksana, data dan sistem informasi, perlengkapan dan pengelolaan aset daerah, serta pengelolaan urusan umum.
  2. Fungsi :
    (a) pengoordinasian perumusan kebijakan, perumusan pedoman dan perumusan petunjuk teknis penyelenggaraan bidang pengelolaan keuangan daerah, organisasi dan tatalaksana, pembinaan aparatur, pengembangan sistim informasi, perlengkapan dan pengelolaan aset daerah, urusan umum dan pengelolaan keuangan sekretraiat daerah, serta pembinaan kearsipan dan perpustakaan.
    (b) pengkoordinasian, pengendalian, pembinaan dan fasilitasi pelaksanaan tugas bidang pengelolaan keuangan daerah, organisasi dan tatalaksana, pembinaan aparatur, pengembangan sistim informasi, perlengkapan dan pengelolaan aset daerah, urusan umum dan pengelolaan keuangan sekretraiat daerah, serta pembinaan kearsipan dan perpustakaan.
    (c) penyelenggaraan monitoring, evaluasi pelaksanaan tugas bidang pengelolaan keuangan daerah, organisasi dan tatalaksana, pembinaan aparatur, pengembangan sistim informasi, perlengkapan dan pengelolaan aset daerah, urusan umum dan pengelolaan keuangan sekretraiat daerah, serta pembinaan kearsipan dan perpustakaan.

e. Bagian Tata Pemerintahan
  1. Tugas menyusun rumusan kebijakan, pengoordinasian dan analisa di bidang pemerintahan umum dan pengembangan otonomi daerah, pembinaan ketentraman dan ketertiban umum, penaggulangan bencana serta pemerintahan kecamatan dan kelurahan.
  2. Fungsi :
    (a) penyusunan program dan kegiatan Bagian Tata Pemerintahan;
    (b) penyusunan rumusan kebijakan bidang pemerintahan umum dan pengembangan otonomi daerah, ketentraman dan ketertiban umum serta pemerintahan kecamatan dan kelurahan;
    (c) pelaksanaan pembinaan pemerintahan kecamatan dan kelurahan;
    (d) penyusunan pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan pemerintahan kecamatan dan kelurahan;
    (e) penyelenggaraan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pelimpahan sebagai kewenangan Walikota kepada Camat dan dari Camat kepada Lurah;
    (f) pengusulan pengangkatan dan atau mutasi jabatan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kecamatan dan Kelurahan;
    (g) pelaksanaan penyusunan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelaksanaan otonomi daerah;
    (h) perumusan pembentukan, penghapusan, pemecahan/pemekaran dan penggabungan kecamatan dan kelurahan;
    (i) penyusunan rumusan kebijakan bidang administrasi kependudukan dan catatan sipil serta penyusunan petunjuk teknis administrasi kependudukan dan catatan sipil;
    (j) pelaksaanaan inventarisasi dan evaluasi permasalahan bidang pemerintahan umum dan pengembangan Otonomi Daerah, ketentraman dan ketertiban umum serta administrasi pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan;
    (k) penyusunan rumusan kebijakan dan analisa penyelenggaraan penanggulangan bencana;
    (l) pelaksanaan penerimaan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota;
    (m) pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan bagian Tata Pemerintahan;
    (n) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

f. Sub Bagian Tata Pemerintahan Umum dan Pengembangan Otonomi Daerah
     Tugas :
    (a) mengoordinasikan penyusunan program dan kegiatan Bagian Tata Pemerintahan;
    (b) menyiapkan bahan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan umum;
    (c) menyiapkan kelengkapan administratif yang diperlukan untuk pengangkatan dan pemberhentian Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah;
    (d) menyiapkan administrasi pengangkatan dan pemberhentian anggota pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;
    (e) melaksanakan fasilitasi penyelenggaraan pemilu;
    (f) melaksanakan penyusunan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah;
    (g) menyusun laporan bidang administrasi kependudukan dan catatan sipil;
    (h) menyusun bahan kebijakan pengembangan otonomi daerah;
    (i) melaksanakan fasilitasi penerimaan kunjungan kerja;
    (j) melaksanakan monitoring, evalusi dan pelaporan kegiatan sub bagian;
    (k) menyiapkan bahan penyusunan LAKIP Bagian Tata Pemerintahan;
    (l) melaksanakan ketatausahaan Bagian Tata Pemerintahan; dan
    (m) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

g. Sub Bagian Bina Administrasi Kecamatan dan Kelurahan
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Bina Adminisrasi Kecamatan dan Kelurahan;
    (b) menyusun petunjuk teknis tata penyelenggaraan administrasi Kecamatan dan Kelurahan ;
    (c) menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan tugas-tugas pembinaan administrasi dan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan dan kelurahan;
    (d) menyiapkan bahan masukan kepada Walikota dalam rangka pembinaan aparatur di Kecamatan dan Kelurahan;
    (e) menyiapkan administrasi dan bahan kebijakan pembentukan, penggabungan dan penghapusan Kecamatan dan Kelurahan;
    (f) menyiapkan bahan kebijakan dan pembinaan rukun tetangga;
    (g) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

h. Sub Bagian Ketenteraman, Ketertiban dan Kemasyarakatan
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Ketenteraman, Ketertiban dan Kemasyarakatan;
    (b) menyiapkan bahan kebijakan dan petunjuk teknis tata hubungan satuan polisi pamong praja dengan satuan perangkat daerah lainnya;
    (c) menyusun kebijakan pengamanan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan perundang-undangan lain yang menyangkut kepentingan umum dan kemasyarakatan;
    (d) melaksanakan fasilitasi dan koordinasi pengamanan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan perundang-undangan lain yang menyangkut kepentingan umum dan kemasyarakatan;
    (e) memfasilitasi penyelesaian permasalahan ketenteraman, ketertiban dan kemasyarakatan;
    (f) menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan analisa penyelenggaraan penanggulangan bencana;
    (g) menyusun laporan bidang ketentraman, ketertiban dan penanggulangan bencana;
    (h) melasanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan Sub Bagian Ketenteraman, Ketertiban dan Kemasyarakatan ;
    (i) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

i. Bagian Hubungan Masyarakat
  1. Tugas melaksanakan pengoordinasian, pengendalian dan pembinaan di bidang hubungan kemasyarakatan untuk menyampaikan kebijakan Pemerintah Kota.
  2. Fungsi :
    (a) penyusunan program dan kegiatan Bagian Hubungan Masyarakat;
    (b) pembinaan dan pengendalian pelaksanaan hubungan kemasyarakatan;
    (c) penyusunan petunjuk teknis tata laksana penyampaian informasi oleh pejabat publik;
    (d) pelaksanaan fasilitasi hubungan Pemerintah Kota dengan lembaga lainnya;
    (e) pelaksanaan jumpa pers Pemerintah Kota;
    (f) pelaksanaan inventarisasi, dokumentasi dan distribusi informasi di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
    (g) pengembangan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik sehingga mudah diakses;
    (h) pelaksanaan koordinasi bidang tugas dengan satuan organisasi pelayanan informasi dan komunikasi;
    (i) penyampaian jawaban dan tanggapan umum terhadap permasalahan yang berhubungan dengan kebijakan dan kegiatan Pemerintah Kota;
    (j) pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

j. Sub Bagian Pengumpulan Informasi
     Tugas :
    a. menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Pengumpulan Informasi;
    b. menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis tata laksana penyampaian informasi oleh pejabat publik;
    c. menyiapkan naskah pidato Walikota;
    d. melaksanakan inventarisasi dan mengolah data/informasi dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
    e. melaksanakan pengumpulan informasi dari media komunikasi sebagai bahan pelayanan data dan informasi kehumasan;
    f. melaksanakan pengelolaan sistem informasi publik sehingga mudah diakses;
    g. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Pengumpulan Informasi;
    h. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

k. Sub Bagian Pemberitaan dan Penerangan
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Pemberitaan dan Penerangan;
    (b) menyusun dan menyajikan berita/release tentang kebijakan dan kegiatan Pemerintah Kota;
    (c) melaksanakan peliputan acara/ kegiatan Pemerintah Kota;
    (d) menyusun dan mengolah hasil peliputan kegiatan Pemerintah Kota;
    (e) melaksanakan peliputan dan penyajian informasi di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
    (f) menyiapkan bahan jawaban dan tanggapan umum terhadap permasalahan yang berhubungan dengan kebijakan dan kegiatan Pemerintah Kota;
    (g) menyiapkan pelaksanaan jumpa pers Pemerintah Kota;
    (h) melaksanakan publikasi yang berkaitan dengan kebijakan dan kegiatan Pemerintah Kota;
    (i) melaksanakan kegiatan penerangan dengan sarana mobil unit/ keliling dalam rangka mendukung kegiatan Pemerintah Kota;
    (j) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Pemberitaan dan Penerangan;
    (k) melaksanaka tugas lainnya yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

l. Sub Bagian Dokumentasi dan Penerbitan
     Tugas :
    (a) mengoordinasikan penyusunan program dan kegiatan Bagian Humas;
    (b) menyusun dan mengelola penerbitan artikel, buletin hasil pelaksanaan kegiatan Pemerintah Kota;
    (c) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan perkembangan penerbitan pers;
    (d) mengelola dokumentasi hasil peliputan kegiatan Pemerintah Kota;
    (e) melaksanakan pemberian layanan data dan informasi yang berkaitan dengan kebijakan dan kegiatan Pemerintah Kota ;
    (f) melaksanakan pendistribusian informasi di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
    (g) melaksanakan ketatausahaan Bagian Humas;
    (h) menyiapkan bahan penyusunan LAKIP Bagian Humas;
    (i) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Dokumentasi dan Penerbitan ;
    (j) melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan/ pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

m. Bagian Perkotaan
  1. Tugas menyusun rumusan kebijakan, pengoordinasian dan analisa bidang sarana prasarana fisik dan non fisik perkotaan, perizinan dan pendapatan asli daerah, administrasi wilayah, serta penyelenggaraan kerja sama antar daerah yang menjadi kewenangan kota.
  2. Fungsi :
    (a) penyusunan program dan kegiatan Bagian Perkotaan.
    (b) penyiapan bahan rumusan kebijakan dan analisa standar sarana prasarana perkotaan, penanganan dinamika permasalahan fisik dan non fisik perkotaan;
    (c) penyiapan bahan rumusan kebijakan dan analisa perizinan dan pendapatan asli daerah;
    (d) penyiapan bahan rumusan kebijakan dan pembinaan administrasi wilayah;
    (e) pelaksanaan fasilitasi penyelenggaraan kerjasama daerah;
    (f) penyiapan bahan rumusan kebijakan dan analisa bidang pertanahan;
    (g) pelaksanaan fasilitasi permasalahan bidang pertanahan;
    (h) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

n. Sub Bagian Analisa Perkotaan
     Tugas :
    (a) mengoordinasikan penyusunan program dan kegiatan Bagian Perkotaan;
    (b) menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan analisa standar sarana dan prasarana perkotaan;
    (c) menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan analisa penanganan dinamika permasalahan fisik dan non fisik perkotaan;
    (d) menginventarisasi dan mengolah data permasalahan perkotaan;
    (e) menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan analisa perizinan dan pendapatan asli daerah;
    (f) melaksanakan ketatausahaan Bagian Perkotaan;
    (g) mengoordinasikan penyusunan laporan kegiatan Bagian Perkotaan;
    (h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai peraturan yang berlaku.

o. Sub. Bagian Administrasi Wilayah dan Kerjasama Daerah
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan sub bagian Administrasi Wilayah dan Kerjasama Daerah;
    (b) menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan analisa adminsitrasi wilayah;
    (c) menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan pembinaan administrasi wilayah;
    (d) melaksanakan fasilitasi penyelenggaraan kerjasama daerah;
    (e) melaksanakan koordinasi dan fasilitasi penyelesaian masalah batas wilayah;
    (f) menyiapkan bahan penetapan pembakuan nama rupabumi;
    (g) mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan penegasan dan/atau penetapan batas wilayah;
    (h) menyusun laporan kegiatan Sub Bagian Administrasi Wilayah dan Kerjasama Daerah;
    (i) melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

p. Sub Bagian Pertanahan
Tugas:
    (a) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Pertanahan;
    (b) menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan analisa bidang pertanahan;
    (c) melaksanakan fasilitasi permasalahan bidang pertanahan;
    (d) menginventarisasi dan mengolah data permasalahan pertanahan;
    (e) melaksanakan penyelesaian proses administrasi rekomendasi persetujuan lokasi serta izin membuka/memanfaatkan tanah negara;
    (f) memfasilitasi proses pembebasan tanah untuk kepentingan swasta;
    (g) menyusun laporan kegiatan Sub Bagian Pertanahan;
    (h) melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

q. Bagian Hukum
  1. Tugas melaksanakan pengoordinasian, pengendalian dan perumusan peraturan perundang–undangan, telaahan hukum, pemberian bantuan hukum, publikasi dan pendokumentasian produk Hukum serta pembinaan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).
  2. Fungsi :
    (a) penyusunan program dan kegiatan Bagian Hukum;
    (b) pengoordinasian dan analisa perumusan produk hukum daerah;
    (c) penelaahan dan analisa penerapan peraturan perundang-undangan;
    (d) penyiapan bahan rancangan produk hukum daerah;
    (e) penghimpunan peraturan perundang–undangan, pelaksanaan publikasi dan dokumentasi produk hukum;
    (f) penyiapan bahan pertimbangan bantuan Hukum kepada unsur Pemerintah Daerah atas masalah yang timbul dalam pelaksanaan tugas;
    (g) pengoordinasian dan perumusan Nota Kesepahaman dan atau Perjanjian Kerjasama;
    (h) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

r. Sub Bagian Peraturan Perundang–undangan
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Peraturan Perundang – undangan
    (b) melaksanakan analisa, kajian dan evaluasi produk hukum daerah;
    (c) mengoordinasikan, memfasilitasi dan analisa penyusunan produk hukum daerah;
    (d) menyiapkan bahan produk hukum daerah yang akan disahkan;
    (e) melaksanakan fasilitasi dan koordinasi proses pengesahan produk hukum daerah;
    (f) melaksanakan harmonisasi produk hukum daerah dengan produk hukum lainnya dan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi;
    (g) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan Sub Bagian Peraturan Perundang – undangan;
    (h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasa/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

s. Sub Bagian Bantuan Hukum
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Bantuan Hukum;
    (b) melaksanakan pemberian bantuan hukum terhadap perkara menyangkut bidang tugas Pemerintah Kota;
    (c) memberikan saran dan pertimbangan untuk konsultasi hukum dan penyelesaian sengketa Perdata/ Pidana/ Tata Usaha Negara menyangkut bidang tugas Pemerintah Kota;
    (d) melaksanakan koordinasi dengan unit kerja/ instansi terkait dalam rangka konsultasi hukum dan penyelesaian sengketa Perdata/ Pidana/ Tata Usaha Negara;
    (e) menelaah peraturan perundang-undangan dan penyiapan kebijakan hukum dalam rangka kerjasama antara Pemerintah Kota dengan pihak lain;
    (f) melaksanakan koordinasi penegakan Rencana Aksi Nasional Hak Azasi Manusia (RANHAM) skala kota;
    (g) melaksanakan fasilitasi penyelesaian sengketa pelaksanaan tugas pegawai dilingkungan pemerintah kota yang diajukan oleh pihak ketiga;
    (h) mewakili pemerintah kota dalam menyelesaikan perkara di Pengadilan;
    (i) melaksanakan monitoring, evaluasi dan inventarisai permasalahan hukum yang berhubungan dengan Pemerintah Kota;
    (j) melaksanakan pembinaan teknis dan mengoordinasikan pelaksanaan tugas PPNS;
    (k) melaksanakan tugas lain yang diberikan olehatasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

t. Sub Bagian Dokumentasi Hukum
Tugas:
    (a) mengoordinasikan penyusunan program dan kegiatan Bagian Hukum;
    (b) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Dokumentasi Hukum;
    (c) mengumpulkan dan mendokumentasikan produk–produk Hukum;
    (d) menerbitkan Lembaran Daerah dan Berita Daerah;
    (e) mempublikasikan dan menyebarluaskan produk–produk Hukum;
    (f) melaksanakan administrasi, pengarsipan, pemeliharaan dan pemberian layanan produk hukum;
    (g) melaksanakan pengelolaan dan pengembangan sistem jaringan dokumentasi dan informasi hukum;
    (h) menyiapkan bahan pelaksanaan diseminasi dan sosialisasi peraturan perundang-undangan;
    (i) menyiapkan bahan penyusunan LAKIP Bagian Hukum;
    (j) melaksananakan ketatatausahaan Bagian Hukum;
    (k) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai peraturan yang berlaku.

u. Bagian Perekonomian
  1. Tugas menyusun rumusan kebijakan dan analisa bidang sarana prasarana perekonomian daerah, ketahanan pangan daerah, penanaman modal di daerah pembinaan dan pengawasan BUMD serta koordinasi dan pemantauan perkembangan BUMN dan perbankan di daerah.
  2. Fungsi :
    a. penyusunan program dan kegiatan Bagian Perekonomian;
    b. penyusunan bahan perumusan kebijakan dan pembinaan di bidang pengembangan sarana prasarana perekonomian di daerah;
    c. pelaksanan fasilitasi dan koordinasi kegiatan promosi pengembangan perekonomian daerah yang melibatkan berbagai sekktor;
    d. penyusunan bahan pedoman/petunjuk di bidang ketahanan pangan;
    e. penyusunan bahan perumusan kebijakan dan koordinasi di bidang penanaman modal;
    f. pembinaan dan pengawasan kinerja, perkembangan serta pemberdayaan BUMD;
    g. pelaksanaan koordinasi dan pemantauan BUMN dan perbankan di daerah;
    h. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

v. Sub Bagian Ketahanan Pangan
Tugas:
    (a) mengoordinasikan program dan kegiatan Bagian Perekonomian;
    (b) menyiapkan bahan petunjuk teknis di bidang ketahanan pangan;
    (c) menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi teknis dan fasilitasi ketersediaan, distribusi dan kewaspadaan pangan;
    (d) melaksanakan pengumpulan bahan dan analisa data ketersediaan, distribusi dan kewaspadaan pangan;
    (e) melaksanakan ketatausahaan Bagian Perekonomian;
    (f) mengoordinasikan bahan penyusunan LAKIP Bagian;
    (g) melaksanakan pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang ketahanan pangan;
    (h) melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

w. Sub Bagian Sarana dan Prasarana
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan sub Bagian Sarana dan Prasarana Perekonomian;
    (b) menyiapkan bahan rumusan kebijakan pengembangan sarana dan prasarana perekonomian daerah;
    (c) melaksanakan pengumpulan dan analisa data sarana dan prasarana perekonomian daerah yang meliputi produksi, industri, tenaga kerja, pariwisata, pasar, koperasi, pertambangan dan energi serta transportasi;
    (d) melaksanakan fasilitasi dan koordinasi penyelesaian permasalahan sarana dan prasarana perekonomian daerah yang meliputi produksi, industri, tenaga kerja, pariwisata, pasar, koperasi, pertambangan dan energi serta transportasi;
    (e) menyiapkan pelaksanaan fasilitasi dan koordinasi kegiatan promosi pengembangan perekonomian daerah yang melibatkan berbagai sektor;
    (f) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian;
    (g) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

x. Sub Bagian Pembinaan BUMD
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan sub Bagian Pembinaan BUMD;
    (b) menyiapkan bahan koordinasi dan monitoring BUMN dan perbankan di daerah;
    (c) menyiapkan bahan perumusan kebijakan penanaman modal di daerah;
    (d) melaksanakan pembinaan, pengawasan dan evaluasi kinerja BUMD;
    (e) menyiapan bahan kebijakan pembinaan dan pengembangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD);
    (f) melaksanakan monitoring, evaluasi penyaluran dan realisasi pinjaman permodalan dari Pemerintah Kota Balikpapan yang dikelola oleh lembaga penyalur;
    (g) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub Bagian;
    (h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

y. Bagian Pembangunan
  1. Tugas mempunyai tugas melaksanakan pengendalian, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan kegiatan pembangunan yang bersumber dari APBD.
  2. Fungsi :
    (a) penyusunan program dan kegiatan Bagian Pembangunan;
    (b) penyusunan petunjuk teknis rencana pelaksanaan kegiatan;
    (c) pelaksanaan pengendalian administrasi pembangunan yangdibiayai dari APBD;
    (d) pelaksanaan monitoring, analisa dan evaluasi serta penyusunan laporan pelaksanaan pembangunan yang dibiayai dari APBD;
    (e) pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kota;
    (f) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

z. Sub Bagian Program Kerja
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan sub Bagian Program Kerja;
    (b) menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis rencana pelaksanaan kegiatan;
    (c) melaksanakan koordinasi penyusunan rencana pembangunan dengan instansi terkait;
    (d) melaksanakan fasilitasi penyelesaian permasalahan administrasi pelaksanaan program dan kegiatan;
    (e) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub Bagian Program Kerja;
    (f) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

aa. Sub Bagian Pengendalian
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan sub Bagian Pengendalian;
    (b) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pengendalian pelaksanaan pembangunan yang dibiayai APBD;
    (c) melaksanakan pembinaan pada pengelola kegiatan dan penyedia barang/jasa dalam pelaksanaan program pembangunan;
    (d) mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan Satuan Tugas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kota;
    (e) menyelenggarakan, mengevaluasi dan pembinaan terhadap satgas pengadaan barang/jasa Pemkot Balikpapan ;
    (f) menyiapkan aplikasi e – Procurement untuk memfasilitasi proses pengadaan barang/jasa yang lebih transparan dan akuntabel;
    (g) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub Bagian Pengendalian;
    (h) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

bb. Sub Bagian Pelaporan
     Tugas :
    (a) mengoordinasikan program dan kegiatan Bagian Pembangunan;
    (b) melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Pembangunan yang dibiayai dari APBD;
    (c) melaksanakan inventarisasi permasalahan pelaksanaan pembangunan;
    (d) melaksanakan ketatausahaan Bagian Pembangunan;
    (e) menyiapkan bahan penyusunan LAKIP Bagian Pembangunan;
    (f) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Pelaporan;
    (g) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

cc. Bagian Sosial
  1. Tugas melaksanakan perumusan kebijakan dibidang kesejahteraan dan sosial serta penyusunan petunjuk teknis, monitoring dan evaluasi pemberian bantuan sosial;
  2. Fungsi :
    (a) penyusunan program dan kegiatan Bagian Sosial;
    (b) perumusan kebijakan di bidang kesejateraan rakyat dan sosial
    (c) penyusunan petunjuk teknis dan tatalaksana pemberian bantuan dibidang kesejahteraan rakyat dan sosial;
    (d) pengoordinasian, monitoring dan evaluasi pelaksanaan pemberian bantuan dibidang kesejahteraan rakyat dan sosial;
    (e) pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bagian Sosial;
    (f) pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

dd. Sub. Bagian Kesejahteraan
     Tugas :
    (a) melaksananakan pengoordinasian penyusunan program dan kegiatan Bagian Sosial;
    (b) menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis dan tatalaksana pemberian bantuan di bidang kesejahteraan rakyat, penderita cacat dan trituna;
    (c) mengoordinasikan pemberian izin dengan instansi teknis terkait untuk kegiatan sosial;
    (d) mengumpulkan dan menganalisa data yang berhubungan dengan penderita cacat dan trituna;
    (e) menganalisa, mengoordinasikan dan memfasilitasi pemberian bantuan sosial ;
    (f) melaksanakan fasilitasi pemberian bantuan di bidang kesejahteraan rakyat, penderita cacat dan trituna;
    (g) melaksanakan monitoring dan evaluasi bantuan di bidang kesejahteraan rakyat;
    (h) melaksanakan ketatausahaan Bagian Sosial;
    (i) menyiapkan bahan penyusunan LAKIP Bagian Sosial;
    (j) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

ee. Sub Bagian Agama, Pendidikan dan Kebudayaan
     Tugas :
    (a) melaksananakan pengoordinasian penyusunan program dan kegiatan Sub Bagian Agama, Pendidikan dan Kebudayaan;
    (b) menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis dan tatalaksana pemberian bantuan di bidang agama, pendidikan dan kebudayaan;
    (c) mengoordinasikan pemberian izin/rekomendasi dengan instansi teknis terkait di bidang agama, pendidikan dan kebudayaan;
    (d) mengumpulkan dan menganalisa data di bidang agama, pendidikan dan kebudayaan;
    (e) melaksanakan fasilitasi pemberian bantuan di bidang agama, pendidikan dan kebudayaan;
    (f) melaksanakan monitoring dan evaluasi bantuan di bidang agama, pendidikan dan kebudayaan;
    (g) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

ff. Sub Bagian Pemuda, Olahraga dan Pemberdayaan Perempuan
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan sub Bagian Pemuda, Olahraga dan Pemberdayaan Perempuan;
    (b) menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis dan tatalaksana pemberian bantuan dibidang pemuda, olahraga, kesenian dan pemberdayaan perempuan;
    (c) menyiapkan bahan rumusan kebijakan di bidang pemuda, olahraga, kesenian dan pemberdayaan perempuan;
    (d) mengoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan bidang pemuda, olahraga, kesenian dan pemberdayaan perempuan;
    (e) melaksanakan fasilitasi pemberian bantuan dibidang pemuda, olah raga, kesenian dan pemberdayaan perempuan;
    (f) melaksanakan monitoring dan evaluasi bantuan di bidang pemuda, olah raga, kesenian dan pemberdayaan perempuan;
    (g) menyusun laporan kegiatan Sub Bagian Pemuda, Olahraga dan Pemberdayaan Perempuan;
    (h) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

gg. Bagian Pengelolaan Aset dan Perlengkapan
  1. Tugas melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan, pengadaan dan pengelolaan barang milik daerah;
  2. Fungsi :
    (a) pengumpulan bahan rencana kebutuhan barang unit;
    (b) penyusunan program dan kegiatan Bagian Pengelola Aset dan Perlengkapan;
    (c) pelaksanan pengadaan barang;
    (d) penerimaan, penyimpanan, dan penyaluran hasil pengadaan barang;
    (e) penyelengaraan inventarisasi, pemanfaatan, penghapusan dan pemindahtanganan barang milik daerah;
    (f) pengelolaan dan pengamanan barang milik daerah berupa tanah dan/atau bangunan;
    (g) pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan barang milik daerah berupa tanah dan/atau bangunan yang dikelola Pihak Ketiga;
    (h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

hh. Sub Bagian Analisis Kebutuhan
     Tugas :
    (a) menyusun rencana kebutuhan barang dalam daftar rencana kebutuhan barang unit (RKBU) dalam 1 (satu) tahun anggaran;
    (b) menyusun rencana kebutuhan pemeliharaan barang unit (RKPBU) dalam 1 (satu) tahun anggaran;
    (c) menyusun standarisasi harga pengadaan barang Pemerintah Kota, analisa standar belanja dan menghimpun perkembangan harga pasar;
    (d) meneliti standarisasi, spesifikasi dan kapasitas barang;
    (e) menyusun program dan kegiatan Bagian Pengelolaan Aset dan Perlengkapan;
    (f) melaksanakan tata usaha Bagian Pengelolaan Aset dan Perlengkapan;
    (g) menyiapkan bahan penyusunan LAKIP Sekretriat yang dikelola Bagian Pengelolaan Aset dan Perlengkapan;
    (h) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

ii. Sub Bagian Pengadaan
     Tugas :
    (a) menyelenggarakan proses pengadaan barang yang menjadi kewenangannya;
    (b) melaksanakan koordinasi dengan unit pelaksana tugas pelelangan untuk kualifikasi tertentu;
    (c) melaksanakan administrasi dan pelaporan hasil pengadaan barang;
    (d) melaksanakan pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan kota;
    (e) melaksanakan penerimaan dan pemeriksaan hasil pengadaan barang;
    (f) melaksanakan pemeliharaan peralatan kantor di lingkungan sekretariat;
    (g) melaksanakan pengadaan dan pemeliharaan penerangan jalan umum;
    (h) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

jj. Sub. Bagian Pengelolaan Barang dan Aset
     Tugas :
    (a) melaksanakan penyimpanan, pendistribusian, inventarisasi,pemanfaatan, penghapusan dan pemindahtanganan barang milik daerah;
    (b) melaksanakan pengadministrasian penyerahan barang milik daerah;
    (c) melaksanakan pengelolaan dokumen aset Pemerintah Kota;
    (d) melaksanakan pengamanan aset milik Pemerintah Kota;
    (e) melaksanakan sensus barang milik daerah;
    (f) melaksanakan pengurusan kelengkapan administrasi bukti kepemilikan tanah dan/atau bangunan serta barang milik daerah lainnya;
    (g) menghimpun, memeriksa dan membuat laporan data keadaan barang milik daerah yang disiapkan untuk dimanfaatkan, dihapus, dipindahtangankan, diasuransikan, direnovasi dan ditukarguling (diruilslag);
    (h) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

kk. Bagian Organisasi
  1. Tugas merumuskan kebijakan di bidang kelembagaan, ketatalaksanaan dan kepegawaian, melaksanakan pengembangan sistem informatika serta pengelolaan administrasi kepegawaian sekrertariat.
  2. Fungsi :
    (a) penyusunan program dan kegiatan Bagian Organisasi;
    (b) perumusan kebijakan di bidang kelembagaan, ketatalaksanaan dan kepegawaian serta pengembangan sistem informatika;
    (c) penyusunan petunjuk teknis pembinaan kelembagaan, ketatalaksanaan, pelayanan publik dan sistem informatika;
    (d) penyusunan standarisasi sarana kerja dan tata hubungan kerja;
    (e) pelaksanaan analisa jabatan dan penyusunan formasi jabatan;
    (f) pelaksanaan pembinaan, monitoring dan evaluasi kelembagaan, ketatalaksanaan dan sistem informatika;
    (g) pelaksanaan administrasi kepegawaian di lingkungan sekretariat daerah;
    (h) pelaksanaan pengelolaan data elektronika dan pengembangan sistem informatika;
    (i) pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

ll. Sub Bagian Kelembagaan
Tugas:
    a. menyusun program dan kegiatan Bagian Organisasi;
    b. melaksanakan pengkajian dan analisa penataan organisasi satuan kerja dilingkungan Pemerintah Kota ;
    c. menganalisa tugas dan fungsi serta susunan organisasi satuan kerja dilingkungan Pemerintah kota ;
    d. melaksanakan pengkajian dan penyusunan analisa jabatan yang meliputi penghitungan beban kerja, penyusunan peta jabatan, uraian jabatan , formasi jabatan dan standar kompetensi jabatan;
    e. menyelenggarakan evaluasi terhadap pelaksanaan dan pemanfaatan hasil analisis jabatan oleh instansi teknis;
    f. melaksanakan monitoring dan evaluasi implementasi tugas dan fungsi satuan kerja perangkat daerah ;
    g. melaksanakan tata usaha Bagian Organisasi;
    h. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

mm. Sub Bagian Ketatalaksanaan dan Kepegawaian dimaksud
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Ketatalaksanaan dan Kepegawaian;
    (b) menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis ketatalaksanaan, pelayanan publik dan pembinaan aparatur;
    (c) menyiapkan bahan penyusunan prosedur dan mekanisme serta tatalaksana pelayanan publik;
    (d) melaksanakan fasilitasi program percepatan pemberantasan korupsi;
    (e) melaksanakan penyusunan petunjuk teknis dan pembinaan pelayanan publik kepada unit pengelola pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota ;
    (f) menyusun standarisasi pakaian dinas, sarana prasarana kerja dan tata hubungan kerja;
    (g) melaksanakan koordinasi dan fasilitasi pembinaan aparatur di lingkungan Pemerintah Kota;
    (h) melaksanakan pembinaan, monitoring dan evaluasi implementasi ketatalaksanaan dan pelayanan publik;
    (i) mengoordinasikan penyusunan LAKIP Sekretariat Daerah;
    (j) melaksanakan pemberian layanan administrasi kepegawaian Sekretariat Daerah;
    (k) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

nn. Sub Bagian Pengolahan Data dan Sistem Informasi
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Pengolahan Data dan Sistem Informasi;
    (b) melaksanakan pengembangan dan pemeliharaan jaringan komunikasi data di lingkungan Pemerintah Kota;
    (c) menyiapkan bahan kebijakan dan petunjuk teknis pengembangan, pemanfatan sistem informatika pada SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan;
    (d) melaksanakan fasilitasi pemanfaatan aplikasi data serta perluasan pemakaian Operasi System (OS) legal pada SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan;
    (e) melaksanakan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi dengan sistem informasi pada Sub Bagian Data dan Sistem Informasi;
    (f) melaksanakan pemberian layanan konsultasi teknis di bidang teknologi informatika kepada SKPD ;
    (g) mengelola Website Pemerintah Kota beserta sub domain yang berada di dalamnya ;
    (h) melaksanakan pemberian bimbingan pemanfaatan teknologi informatika kepada SKPD;
    (i) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai pearturan yang berlaku.

oo. Bagian Keuangan
  1. Tugas merumuskan kebijakan, mengoordinasikan, pembinaan dan bimbingan serta pengendalian bidang anggaran, perbendaharaan, akuntansi, dan bina administrasi keuangan daerah, serta sebagai bendahara umum daerah.
  2. Fungsi :
    (a) perumusan kebijakan bidang keuangan sesuai dengan rencana strategis yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota;
    (b) perumusan, perencanaan, pembinaan, koordinasi dan pengendalian sistem anggaran, sistem perbendaharaan, sitem verikasi dan pembukuan;
    (c) penyusunan dan pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di bidang pengelolaan administrasi keuangan daerah;
    (d) penyusunan kebijakan dan pedoman pelaksananan APBD;
    (e) pengesahan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPD;
    (f) penyelenggraan pengendalian pelaksanaan APBD;
    (g) penyiapan bahan penyusunan rencangan APBD dan rancangan perubahan APBD;
    (h) pelaksanaan fungsi BUD;
    (i) menyelenggarakan pengujian kebenaran penagihan atas uang persediaan, ganti uang persediaan dan tambahan uang persediaan;
    (j) penyusunan laporan keuangan daerah dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan APBD;
    (k) perumusan pedoman dan pelaksanaan pembinaan administrasi keuangan daerah;
    (l) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang peraturan yang berlaku.

pp. Sub. Bagian Anggaran
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan subag anggaran;
    (b) menyiapkan bahan kebijakan dan pembinana perencanaan dan pengendalian anggaran keuangan daerah;
    (c) menyusun petunjuk teknis penyusunan rencana Anggaran Belanja Daerah;
    (d) menyiapkan rancangan Anggaran Belanja Daerah, perubahan dan perhitungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ;
    (e) menyusun petunjuk teknis pelaksanaan Anggaran dan Belanja Daerah;
    (f) menyelenggarakan penyiapan Surat Penyediaan Dana (SPD);
    (g) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

qq. Sub. Bagian Verivikasi dan Pembukuan
     Tugas:
    (a) menyusun program dan kegiatan verifikasi dan pembukuan keuangan daerah;
    (b) penyiapan bahan pembinaan pengendalian, analisis dan evaluasi keuangan daerah;
    (c) penyiapan bahan koordinasi, perencanaan, pembinaan dan pengendalian pengelola keuangan daerah;
    (d) pelaksanaan sistem akutansi dan pelaporan keuangan daerah;
    (e) menyelenggarakan penelitian terhadap buku kas penerimaan dan pengeluaran serta pembuatan nota pendapatan pemeriksaan buku kas untuk mengetahui posisi Kas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.
    (f) melaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    (g) melaksanakan penelitian terhadap laporan bendahara khusus penerima Pendapatan dan Belanja Daerah.
    (h) menyelenggarakan pengujian kebenaran penagihan atas uang persediaan, ganti uang persediaan dan tambahan uang persediaan;
    (i) menyiapkan data untuk penyusunan perhitungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.
    (j) melaksanakan pencatatan dan penerimaan laporan dari Bendahara Penerima atau Instansi yang lebih tinggi yang tidak melalui Kas Daerah.
    (k) melaksanakan pemeriksaan, peenelitian dan penilaian realisasi Anggaran Belanja daerah dan pengeluaran-pengeluaran diluar SPMU ;
    (l) melaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

rr. Sub. Bagian Perbendaharaan
     Tugas;
    (a) meyiapkan bahan kebijakan, pembinaan sistem perbendaharaan dan pengelolaan kas keuangan daerah;
    (b) menyelenggarakan pengujian kebenaran penagihan atas gaji dan tunjangan serta pengadaan barang, jasa, belaja modal dan pembiayaan;
    (c) mengelola penerbitan Surat Perintah Pembayaran Dana (SP2D) ;
    (d) melaksanakan penelitian dan pengujian Surat Perintah Pembayaran dana;
    (e) melaksanakan penelitian dan pengujian Surat Permintaan Pembayaran dan permintaan gaji, pensiun, serta tunjangan lainnya;
    (f) memproses Surat Keputusan Pemberhentian Pembayaran;
    (g) memberikan pertimbangan dan mengikuti pelaksanaan penyelesaian maslah - masalah perbendaharaan dan ganti rugi;
    (h) melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

ss. Bagian Umum
  1. Tugas melaksanakan pengoordinasian dan pengendalian urusan ketatausahaan, kearsipan, urusan rumah tangga, penatausahaan keuangan sekretariat, perjalanan dinas dan keprotokolan.
  2. Fungsi :
    (a) penyusunan program dan kegiatan Bagian Umum;
    (b) pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kearsipan pimpinan dan umum;
    (c) pelaksanaan urusan rumah tangga sekretariat, rumah jabatan walikota dan wakil walikota;
    (d) pelaksanaan urusan keamanan dan kebersihan di lingkungan sekretariat, rumah jabatan walikota dan wakil walikota;
    (e) pengelolaan urusan sandi dan telekomunikasi;
    (f) pelaksanaan urusan keprotokolan dan perjalanan dinas;
    (g) pelaksanaan urusan penatausahaan keuangan sekretariat;
    (h) pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

tt. Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan
     Tugas :
    (a) mengoordinasikan penyusunan program dan kegiatan Bagian Umum;
    (b) menyelenggarakan penatausahaan administrasi, surat menyurat dan kearsipan pimpinan dan umum;
    (c) menyelenggarakan pendistribusian dan pengaturan surat menyurat di lingkungan sekretariat daerah ;
    (d) melaksanakan pengadaan dan pendistribusian alat-alat tulis kantor, barang cetakan dan penggandaan;
    (e) menyelenggarakan urusan sandi dan telekomunikasi daerah;
    (f) melaksanakan penatausahaan keuangan sekretariat;
    (g) menyiapkan bahan penyusunan LAKIP Bagian Umum;
    (h) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan;
    (i) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

uu. Sub Bagian Rumah Tangga
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Rumah Tangga;
    (b) mengelola urusan rumah tangga sekretariat daerah, rumah jabatan walikota dan wakil walikota ;
    (c) melaksanakan pemeliharaan kendaraan dinas, gedung kantor di lingkungan kantor walikota, rumah jabatan walikota dan wakil walikota, dan perlengkapan kantor;
    (d) mengelola administrasi surat kendaraan dinas;
    (e) menyiapkan keperluan rapat, pertemuan dan acara dinas lainnya;
    (f) melaksanakan pengadaan dan pemeliharaan taman dan tanaman hias;
    (g) melaksanakan pemeliharaan kebersihan dan keamanan di lingkungan kantor walikota, rumah jabatan walikota dan wakil walikota;
    (h) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Rumah Tangga;
    (i) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan/pimpinan sesuai peraturan yang berlaku.

vv. Sub Bagian Protokol
     Tugas :
    (a) menyusun program dan kegiatan Sub Bagian Protokol;
    (b) menyiapkan dan mengatur pelaksanaan acara Pemerintah Kota ;
    (c) melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi lain di bidang keprotokolan;
    (d) mengatur dan mengoordinasikan kesiapan acara dinas walikota, wakil walikota dan sekretaris daerah;
    (e) menyusun agenda kegiatan walikota, wakil walikota dan sekretaris daerah;
    (f) menyiapkan akomodasi dan transportasi tamu Pemerintah Kota;
    (g) menyelenggarakan pengaturan administrasi perjalanan dinas di lingkungan Pemerintah Kota ;
    (h) melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Protokol;
    (i) melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

ww. Kelompok Jabatan Fungsional
  1. Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Kepegawaian Daerah sesuai dengan keahlian dan/atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.
  2. Kelompok jabatan fungsional terdiri dari sejumlah tenaga dalam jenjang jabatan fungsional yang dapat dibagi dalam berbagai kelompok sesuai sifat dan keahliannya.
  3. Setiap kelompok dikoordinir oleh seorang tenaga fungsional senior yang ditunjuk dan bertanggungjawab kepada Sekretaris Daerah.
  4. Jumlah Jabatan Fungsional ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja;
  5. Jenis dan Jenjang Jabatan Fungsional serta Rincian Tugas Jabatan Fungsional diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. :

Sekapur Sirih



Drs. SAYID MN FADLY, Msi
Sekretaris Daerah Kota Balikpapan
Selamat datang di Web Portal Sekretariat Daerah Kota Balikpapan. Semoga dengan adanya web ini bisa menambah motivasi dan prestasi kerja kita serta bermanfaat untuk kita semua.

Spirit d'CORP

  • Banyak Orang Pandai Menjadi Gagal Karena Mereka Tidak Punya Motivasi, Banyak Orang Punya Motivasi Menjadi Gagal Karena Mereka Tidak Pandai. Kesuksesan Adalah Keseimbangan Antara Keduanya.
  • Didunia Ini Tidak Ada Seorangpun Yang Memiliki Seluruh Kebenaran. Masing-Masing Orang Memiliki Sepotong Kebenaran Itu, Termasuk Anda.
  • Kesuksesan Bukanlah Kunci Dari Kebahagiaan, Sebaliknya Kebahagiaan Adalah Kunci Dari Kesuksesan. Jika Engkau Menyukai Apa Yang Engkau Lakukan dan Merasa Bahagia Melakukannya, Maka Engkau Pasti Akan Sukses.
  • Tidak Ada Yang Mampu Mengubah Masa Lalu, Tetapi Anda Dapat Merusak Masa Depan Dengan Menangisi Masa Lalu dan Merisaukan Masa Depan.
  • Pedoman Bagimu Ialah Cinta Akan Kebenaran, Keadilan, dan Kebaikan, Serta Kejujuran.
  • Tuntutlah Ilmu Sejak Dari Buaian Sampai Ke Liang Kubur .
 



    .::    Selamat Ulang Tahun Buat Rekan-Rekan Yang Berulang Tahun Pada Hari Ini ...     **          **  ::.       .::    Tips On The Day :      yudo : Pagi Fren... Liburan besok mau pada kemana nich??       ::.